•Manajemen Insiden Dan Permintaan Layanan•

                             “Manajemen Insiden”

incident managementa dalah proses dari IT service management atau biasa disingkat menjadi ITSM.

Proses ini lebih berfokus untuk memperbaiki kinerja layanan IT sebuah organisasi atau perusahaan dalam waktu secepat mungkin agar bisa kembali normal.

Dalam artian lain, proses ini mengelola gangguan layanan yang terjadi dalam IT serta memperbaiki gangguannya.

Hal ini diberlakukan supaya tidak mengganggu jalannya bisnis. Pasalnya, gangguan IT tidak bisa kita hindari saat berlangsungnya kegiatan bekerja di kantor.

Baik itu saluran telepon, data komputer, atau gangguan-gangguan IT lainnya bisa menyebabkan pekerjaan jadi tertunda.

Incident management juga terkadang disebut sebagai ticketing managementcall management, atau request management.

Dalam prosesnya, biasanya incident management akan dikelola oleh tim IT di suatu perusahaan.

Kendati demikian, ada beberapa perusahaan yang menggunakan jasa seorang incident manager untuk menangani proses ini.

manfaat

- operasi bisnis menjadi lancar

- tingkat produktivitas karyawan jadi meningkat

- mempertahankan tingkat layanan serta konsistensi

- mencegah adanya gangguan yang lebih besar.   memberikan kepuasan kepada pelanggan dan karyawan

Tugas Dan tanggung Jawab

1. Memberikan dukungan kepada karyawan dan pelanggan

Profesi ini pada umumnya dipekerjakan di bawah departemen IT. 

Tugas utamanya yang paling penting adalah memberikan dukungan teknis kepada karyawan dan pelanggan. 

Dalam pekerjaannya, biasanya incident manager akan membangun tim teknis, kemudian mengawasi masalah apa saja yang diadukan kepada karyawan dan pelanggan terkait TI.

2. Menyusun laporan insiden

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, incident management tidak akan jauh-jauh dengan mengelola insiden yang terjadi dalam perusahaan.

Dengan begitu, ia harus mencatat dan menyimpan semua insiden yang terjadi dalam perusahaan.

Hal tersebut dilakukan guna memudahkannya dalam melacak serta mengurangi insiden yang terjadi dalam perusahaan.

3. Menerapkan prosedur yang efektif

Incident manager juga bertanggung jawab untuk mengembangkan prosedur dan kebijakan yang akan digunakan oleh tim dukungan teknis. 

Nantinya, profesi ini akan memberikan prosedur yang efektif di berbagai bidang agar mengurangi terjadinya kegagalan layanan dan ancaman keamanan cyber.

Selain itu, ia juga akan memberikan pelatihan kepada tim IT.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Perubahan Dan Manajemen Peningatan Layanan Berkelanjutan

RESUME AUDIT TEKNLOGI SISTEM INFORMASI.T1